Manajemen Pemerintahan dalam Pengeksplorasian Destinasi Wisata Candi Jiwa Karawang (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang)

Authors

  • Chandra Khoerunnisa Universitas Singaperbangsa Karawang,
  • Maulana Rifai Universitas Singaperbangsa Karawang,
  • Kariena Febriantin Universitas Singaperbangsa Karawang,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5108

Abstract

Candi Jiwa Terletak Di Tengah-Tengah Daerah Persawahan Dan Dekat Permukiman Penduduk Dari Garis Pantai Utara Jawa Barat. Namun Dari Pemerintah Kabupaten Karawangnya Pun Tidak Merespon Dan Mengusahakan, Sehingga Kurangnya Pengekplorasian Di Kabupaten Karawang, Belum Dioptimalisasikan Menjadi Wisata Unggulan, Kurangnya Dukungan Dan Usaha Dari Pemerintah Untuk Pengembangan Candi Jiwa Karawang. Pendekatan Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Pendekatan Kualitatif. Kemudian, Adanya Triangulasi Dengan Sumber Yang Dilaksanakan Pada Penelitian Ini Yaitu Membandingkan Hasil Wawancara Dengan Isi Dokumen Yang Berkaitan. Obyek Dari Penelitian Ini Adalah Bagaimana Proses Manajemen Pemerintah Dalam Pengeksplorasian Destinasi Wisata Candi Jiwa Di Karawang Terkait Dengan Proses Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan Dan Pengawasan Yang Dilakukan Pemerintah Dan Masyarakat. Situs Candi Jiwa Terletak Di Daerah Segaran, Karawang Jawa Barat. Pertama Kali Diteliti Oleh Tim Arkeologi Fakultas Sastra Universitas Indonesia Tahun 1984. Perencaananaan Yang Dilakukan Baru Sampai Pada Tahap Memperbaiki Akses Infrastruktur. Kemudian Juga Baru Menggaet Disparbud Bersama Dengan Bpcb Serang, Untuk Melakukan Penelitian Tersebut. Karena Masih Banyak Sekali Candi-Candi Yang Belum Digalih, Dan Sektor Masyarakatpun Masih Sedikit Dalam Pengeksprolasian, Perencaanan Pun Harus Jelas Pada Waktu Dan Tempatnya Agar Lebih Mudah Dan Tersusun Yang Akan Di Kerjakan, Perngorganisasian Yang Di Lakukan Dinilai Masih Kurang Rapih Dan Kurang Sesuai Dengan Tupoksi Yang Ada. Untuk Pada Tahap Eksplor Ke Pengunjung Dan Lain-Lain Masih Perlu Melakukan Sosialisasi Dan Memiliki Program Khusus Untuk Mengenalkan Eksistensi Candi Jiwa Itu Dilakukan Pengawasan Secara Berkala Oleh Disparbud.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Khoerunnisa, . C. ., Rifai, M. ., & Febriantin, K. (2022). Manajemen Pemerintahan dalam Pengeksplorasian Destinasi Wisata Candi Jiwa Karawang (Studi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Karawang). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2461–2472. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5108