Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Ilmu Akuntansi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5103Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) tingkat ekonomi orang tua dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK swasta di Kota Depok, 2) tingkat ekonomi orang tua terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK swasta di Kota Depok, 3) kecerdasan emosional terhadap Prestasi belajar Akuntansi siswa SMK swasta di Kota Depok. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Swasta di Kota Depok sejumlah 140 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Kolmogorov Smirnov dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, multikoloneriritas, hesterokesdesitas, linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Di dapat nilai Fhitung sebesar 26,220 dengan probabilitas sebesar 0,000 yang nilainya dibawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu tingkat ekonomi orang tua dan kecerdasan emosional berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Uji signifikansi yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung sebesar -0.898 (tabel Coefficientsa) sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.655. Hasil pengujian diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (-0.898 < 1,655). Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh positif tingkat ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Uji signifikansi yang dilakukan dengan uji t menghasilkan thitung sebesar 6.841 (tabel Coefficientsa) sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 1.655. Hasil pengujian diketahui nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (6.841>1,655). Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar akuntansi.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Achdiyat, . M. . (2022). Pengaruh Tingkat Ekonomi Orang Tua dan Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Ilmu Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2446–2454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5103
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Maman Achdiyat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).