Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam Pembuatan Aplikasi Berbasis Pengaduan Masyarakat ditinjau dari Manajeman Pemerintahan (Studi Tentang Aplikasi Tanggap Karawang atau TANGKAR)

Authors

  • Irena Anggrayni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Usep Dayat Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kariena Febriantin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5102

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui bagaimana manajeman pemeirntahan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Karwang dalam sebuah inovasi pembuatan aplikasi pengaduan masyarakat melalui Aplikasi Tanggap Karawang TANGKAR yang dilakukan oleh Dinas Komunikasi dan Infromatika Kabupaten Karawang dalam mengorganisasi dan menyelsaikan pengaduan yang masuk oleh masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan sumber data berasal dari data primer yang didapatkan melalui wawancara langsung dengan informan yaitu pengawai Diskominfo pada aplikasi TANGKAR dan masyarakat sekitar serta data sekunder yang berasal dari penelitian terdahulu serta berita – berita yang ada di internet serta data dokumentasi yang dilampirkan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini dimana aplikasi ini berjalan cukup baik namun harus adanya evaluasi serta pebaikan Kembali seperti admin yang diperbanyak, aplikasi yang butuh perawatan yang lebih agar tidak sering eror, sosialisasi kepada masyarakat serta transparansi dari pengaduan dari semua pengaduan yang masuk tidak hanya bisa dilihat oleh satu akun melainkan semua orang dapat melihat pengaduan mana saja yang terlesaikan bukan hanya dari segi angka saja.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Anggrayni, I. ., Dayat, U. ., & Febriantin, K. . (2022). Kebijakan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam Pembuatan Aplikasi Berbasis Pengaduan Masyarakat ditinjau dari Manajeman Pemerintahan (Studi Tentang Aplikasi Tanggap Karawang atau TANGKAR). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2437–2445. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5102