Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas XI Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di SMK Kesehatan Patriot 3 Bekasi 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5093Abstract
Pertolongan pertama pada kecelakaan (first aid) adalah upaya yang dilakukan sebelum dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan professional. Pertolongan pertama yaitu bukan tindakan pengobatan akan tetapi merupakan upaya tindakan sementara untuk menyelamatkan korban. Pada prinsipnya pelayanan pasien gawat darurat adalah Time savin is life saving. Pengetahuan tentang penanganan kondisi kegawatdaruratan memegang peran penting dalam menentukan keberhasilan pemberian pertologan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas XI Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan di SMK Kesehatan Patriot 3 Bekasi Tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen menggunakan desain quasi eksperimen. Jumlah sampel 60 responden yang dilakukan dengan one group desain pre dan post test design. Analisa penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney. Hasil uji paired sample Wilcoxon nilai sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 maka ha diterima ho ditolak untuk tingkat pengetahuan, untuk hasil uji paired Mann Whitney nilai sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0.05 maka hipotesis diterima untuk instrumental media edukasi. Adanya pengaruh edukasi kesehatan terhadap tingkat pengetahuan siswa kelas XI tentang pertolongan pertama yang dimana menunjukan hasil terdapat peningkatan pengetahuan siswa kelas XI tentang pertolongan pertama.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Prasetyo, V. ., & Kusnanto, . K. (2022). Pengaruh Edukasi Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Kelas XI Tentang Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di SMK Kesehatan Patriot 3 Bekasi 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2417–2422. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5093
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Vikriyan Prasetyo, Kusnanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).