Analisis Komparasi terhadap Pengajaran Keterampilan Berbicara antara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5060Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait komparasi terhadap pengajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data skunder dan data primer. Sumber data diperoleh melalui teknik kepustakaan yang mengacu pada sumber yang tersedia seperti buku, jurnal ilmiah, dan informasi yang dapat dipercaya. Adapun hasil analisis komparasi terhadap pengajaran keterampilan berbicara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris difokuskan pada mata pelajaran muhadatsah dan conversation yang terdiri dari 3 aspek, diantaranya yakni 1) Tujuan, pada mata pelajaran muhadatsah dan conversation keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa antara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, 2) Materi, pada mata pelajaran muhadatsah meterinya berfokus pada teks bacaan sehingga harus memperhatikan kaidah-kaidah gramatika Bahasa Arab, sedangkan pada mata pelajaran conversation berfokus agar siswa dapat mengungkapkan ide, gagasan, secara bebas tanpa terpaku pada suatu teks bacaan dan struktur gramatika, 3) Metode, dalam mata pelajaran muhadatsah guru biasanya menggunakan metode ceramah, hafalan dan tanya jawab sehingga pembelajaran lebih terpaku pada teacher centris. Sedangkan, pada mata pelajaran conversation guru menggunakan metode yang lebih bervariasi seprti tanya jawab, games, diskusi, dan debat yang mampu membuat siswa menjadi lebih aktif sehingga pembelajarannya bersifat students centris.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Saputro , . H. ., & Suharto, T. . (2022). Analisis Komparasi terhadap Pengajaran Keterampilan Berbicara antara Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2274–2282. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5060
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Haryono Saputro, Toto Suharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).