Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur'an terhadap Kecerdasan Spiritual Anak (Studi di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor)

Authors

  • Ashari Nurwahidaturrahim Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Sirojul Falah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5058

Abstract

Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan al Qur’an pada kecerdasan spiritual Anak di TPQ Al-Israa Kebon Pedes kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Studi kuantitatif juga disebut penelitian lapangan yang diaplikasikan pada Taman Pendidikan al Qur’an Al-Israa Kebon Pedes kota Bogor. Kajian ini diterapkan di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor yang berlokasi di Jl. Muhajirin II Gg. Pacilong Rt. 04 Rw. 04 Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor dan jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 29. Teknik analisis meliputi uji validitas, realibilitas, dan korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara pembelajaran Taman Pendidikan al Qur’an terhadap kecerdasan spiritual anak. Hal ini ditunjang dari beberapa pembelajaran yang dilaksanakan oleh TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor seperti mentoring, sejarah Islam, fiqh, hafalan dan sebagainya.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Nurwahidaturrahim, . A. . (2022). Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Anak (Studi di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2255–2265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5058