Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur'an terhadap Kecerdasan Spiritual Anak (Studi di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5058Abstract
Penelitian ini merupakan studi pustaka terhadap kecerdasan spiritual anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimanakah pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan al Qur’an pada kecerdasan spiritual Anak di TPQ Al-Israa Kebon Pedes kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Studi kuantitatif juga disebut penelitian lapangan yang diaplikasikan pada Taman Pendidikan al Qur’an Al-Israa Kebon Pedes kota Bogor. Kajian ini diterapkan di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor yang berlokasi di Jl. Muhajirin II Gg. Pacilong Rt. 04 Rw. 04 Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor dan jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 29. Teknik analisis meliputi uji validitas, realibilitas, dan korelasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara pembelajaran Taman Pendidikan al Qur’an terhadap kecerdasan spiritual anak. Hal ini ditunjang dari beberapa pembelajaran yang dilaksanakan oleh TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor seperti mentoring, sejarah Islam, fiqh, hafalan dan sebagainya.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Nurwahidaturrahim, . A. . (2022). Pengaruh Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an terhadap Kecerdasan Spiritual Anak (Studi di TPQ Al-Israa Kebon Pedes Kota Bogor). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2255–2265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5058
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ashari Nurwahidaturrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).