Evaluasi Program Pendidikan

Authors

  • Apta Hafiz Purnomo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dini Rahmawati Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rizky Mutia Annisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mai Syaroh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dara Mayang Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056

Abstract

Pelaksanaan program pendidikan dapat ditinjau dari berbagai sudut pandang. Sudut pandang tersebut di antaranya dari pemerintah selaku pembuat kebijakan, dari masyarakat sebagai pengguna, dari pendidik, misalnya ditinjau dari sisi efektivitas program. Untuk mengetahui keberhasilan program pendidikan yang dilaksanakan, diperlukan suatu evaluasi, yang disebut dengan evaluasi program. Karena khusus mengevaluasi program pendidikan, maka sering disebut dengan evaluasi program pendidikan. Kemudian dalam melaksanakan evaluasi program dapat dilakukan oleh orang-orang dari dalam (orang ikut terlibat dalam kegiatan), dan dapat pula orang dari luar (orang yang tidak ikut terlibat dalam kegiatan program). Guru adalah pelaksana sehingga mereka mengetahui betul apa yang terjadi di dalam proses belajar mengajar. Guru penting atas berbaikan kualitas pengajarn, untuk memperbaiki proses pengajaran yang akan dilaksanakan pada lain waktu.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Purnomo, A. H. ., Nasution, D. R. ., Annisa, R. M., Syaroh, M. ., & Sari, D. M. . (2022). Evaluasi Program Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2235–2241. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5056