Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020

Authors

  • Yurike Yana Dwi Indrawati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Erna Sulistyowati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5047

Abstract

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang masih terus berkelanjutan, berpengaruh pada perusahaan dimana harus lebih meningkatkan kinerja perusahaaan dan berhati-hati dalam memimpin yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Kinerja perusahaan harus ditingkatkan, hal tersebut dikarenakan dapat mempengaruhi nilai pasar perusahaan dan investor dalam melakukan penanaman investasi. Pada dasarnya tujuan good corporate governance adalah untuk menciptakan sistem pengendalian (check) dan keseimbangan (balance) dalam upaya mencegah penyalahgunaan sumber daya perusahaan dan tetap mendorong terjadinya pertumbuhan perusahaan Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan meliputi keputusan investasi, keputusan pendanaan, kebijakan dividen, profitabilitas, corporate social responsibility, dan good corporate governance. Dalam metode penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Nilai t-statistik CSR yang dihasilkan lebih besar dari t-tabel yaitu 4,057>1,96 dengan p-values lebih kecil dari ? (alpha) yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan adalah signifikan. Dengan demikian hipotesa nol ditolak, sehingga corporate social responsibility memberikan pengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian Good corporate governance berpengaruh signifikan negatif terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa good corporate governance mampu menjadi faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan karena jika good corporate governance semakin baik maka akan berpengaruh pada meningkatnya harga saham yang mengakibatkan nilai perusahaan juga semakin baik.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Indrawati, Y. Y. D. ., & Sulistyowati, E. . (2022). Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2162–2170. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5047