Pengaruh Ice Breaking Dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5044Abstract
Untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika, perlu dilakukan beberapa inovasi dalam kegitan pembelajaran. Ice breaking dan mathmagic merupakan salah satu bentuk inovasi yang dapat dilakukan untuk menarik minat siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Terdapat tiga variabel dalam penelitian ini yaitu Ice Breaking, Mathmagic, dan Minat belajar siswa. Data yang diperoleh akan dilakukan analisis statistik dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji Chi Square. Nilai rtabel dengan n = 26 yaitu r = 0,396. Seluruh pernyataan dalam angket ice breaking, mathmagic, dan minat belajar dinyatakan valid karena nilai rhitung > rtabel. Hasil uji reliabilitas angket ice breaking diperoleh Cronbach Alpha 0,897, angket mathmagic diperoleh Cronbach Alpha 0,863, angket minat belajar diperoleh Cronbach Alpha 0,850, maka keseluruhan angket memilimki nilai ? > rtabel sehingga seluruh angket dinyatakan reliabel. Uji normalitas Shapiro Wilk angket minat belajar awal siswa sebesar 0,781, angket minat belajar siswa setelah penggunaan ice breaking sebesar 0,630, angket minat belajar siswa setelah mathmagic sebesar 0,066, dan angket minat belajar siswa setelah ice breaking dan mathmagic sebesar 0,214. Hasil uji Chi Square hipotesis pertama sebesar 3,939, hasil uji Chi Square hipotesis kedua sebesar 3,939 > Chi, hasil uji Chi Square hipotesis ketiga nilai sebesar 4,208. Hasil uji Chi Square dari ketiga hipotesis > Chi Square tabel (3,841) maka Ha diterima dan Ho ditolak.Downloads
Published
2022-06-29
How to Cite
Astindari, T., Puspitasari, Y., & Tuljannah, N. . (2022). Pengaruh Ice Breaking Dan Mathmagic Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X IPA 1 Di MAN 2 Situbondo Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2318–2323. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5044
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Tri Astindari, Yesi Puspitasari, Nikmah Tuljannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).