Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Authors

  • Meirani Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ayudho Selviani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiana Mardiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Kedua, mengetahui prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Ketiga, mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi anggota himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi (HIMAPE) angkatan 2019-2020. Sampel yang digunakan proportional stratifed random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini: pertama, Keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 18 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,60%, 4 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,13%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0%. Kedua, Prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 16 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,53%, 6 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,20%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0. Ketiga, Ada pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu terdapat pengaruh dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai t hitung > t tabel atau nilai p<0,05 dan besar tingkat pengaruhnya adalah 41,6%.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Meirani, . M., Selviani, A. ., & Mardiana, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2129–2136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5042