Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5042Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Kedua, mengetahui prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas muhammadiyah Bengkulu. Ketiga, mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jenis penelitian ini kuantitatif. Populasi anggota himpunan mahasiswa pendidikan ekonomi (HIMAPE) angkatan 2019-2020. Sampel yang digunakan proportional stratifed random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini: pertama, Keaktifan berorganisasi mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 18 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,60%, 4 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,13%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0%. Kedua, Prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan ekonomi, diketahui 8 responden menjawab sanggat tinggi dengan kriteria 35-40 jika di persentasekan menjadi 0,27%, 16 responden menjawab tinggi dengan kriteria 27-34 jika dipersentasekan menjadi 0,53%, 6 responden menjawab rendah dengan kriteria 19-26 jika dipersentasekan menjadi 0,20%, dan 0 responden menjawab sangat rendah dengan kriteria 11-18 jika dipersentasekan menjadi 0,0. Ketiga, Ada pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap prestasi belajar mahasiswa yaitu terdapat pengaruh dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Karena nilai t hitung > t tabel atau nilai p<0,05 dan besar tingkat pengaruhnya adalah 41,6%.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Meirani, . M., Selviani, A. ., & Mardiana, M. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2129–2136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5042
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Meirani, Ayudho Selviani, Mardiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).