Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Muatan IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5036Abstract
Permasalahan yang ditemukan pada saat melaksanakan observasi adalah sebagain besar hasil belajar IPA siswa rendah. Hal tersebut terjadi karena sejak proses pembelajaran dilakukan secara online siswa mengalami kesulitan dalam belajar seperti kurang menguasai atau memahami materi yang diberikan oleh pendidik. Berdasarkan hasil observasi yang didapatkan dilakukan penelitian menggunakan video pembelajaran animasi dengan tujuan merancang bangun multimedia pembelajaran interaktif muatan IPA, dan memutuskan kelayakan multimedia pembelajaran interaktif muatan IPA. Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dihasilkan berupa aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone maupun laptop. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 9 orang siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu menggunakan kuesioner, dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitia, diperoleh hasil uji ahli isi pembelajaran sebesar 82,5% kualifikasi baik, uji ahli desain pembelajaran sebesar 92,85% kualifikasi sangat baik, uji ahli media pembelajaran sebesar 91,17% kualifikasi sangat baik. Pada uji coba perorangan memperoleh hasil sebesar 91% kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil sebesar 90,90% kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji responden pada penelitian dapat disimpulkan bahwa Multimedia Pembelajaran Interaktif layak digunakan pada kegiatan pembelajaran khususnya pada muatan IPA di Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-06-29
How to Cite
Luh Putu Manik Ulan, Putra, K. S. ., & Suniasih, N. W. . (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Muatan IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2329–2339. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5036
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Luh Putu Manik Ulan, Kt.Ngr. Semara Putra, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).