Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5035Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena kualitas dan kinerja guru rendah dalam menghadapi perkerjaan guru mengalami kejenuhan, ketegangan, dan bahkan mengalami stress yang muncul dari beban kerja yang terlalu sulit, berat dan berlebihan, waktu dan peralatan kerja yang kurang memadai, mengakibatkan stress pada guru-guru. Tujuan umum penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang manajemen penilaian kinerja guru (PKG) dalam meningkatkan kompetensi guru SMP di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode deskriptif analisis dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Peraturan MENPANRB No. 16 Th. 2009, menyatakan bahwa: “Penilaian tiap butir kegiatan tugas utama guru dalam rangka pembinaan karier, kepangkatan dan jabatannya.” G.R. Terry. “Manajemen merupakan proses yang khas bertujuan untuk mencapai suatu tujuan dengan efektif dan efisien.” Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif, dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan menunjukan aspek-aspek perencanaannya telah dijalankan menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan sekolah (SMP) yang bersangkutan, 2) Pengorganisasian menunjukan sesuai dengan azas-azas pengorganisasian, 3) Pelaksanaan sudah masuk kriteria program-program dalam pelaksanaan kinerja guru, 4) Evaluasi sudah sesuai dengan prosedur yang ditetapkan dengan cara pada akhir pembelajaran fasilitator melakukan penilaian (supervisi), 5) Kendalanya adalah kurangnya kemampuan kepala sekolah mengadakan supervisi secara efektif dan kurangnya motivasi dari guru itu sendiri, 6) Solusinya adalah kepala sekolah memberikan motivasi dan dorongan kepada para guru agar semangat dalam meningkatkan kinerjanya. Simpulan pada penelitian ini adalah manajemen penilaian kinerja guru untuk meningkatkan kompetensi guru SMP di Kota Bandung telah dilaksanakan dengan baik dan dapat meningkatkan kompetensi guru.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
M, . D. E. ., Sauri, S. ., & Hanafiah, . H. (2022). Manajemen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5035
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Deddy Erwandi M, Supyan Sauri, Hanafiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).