Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman

Authors

  • Robert Budi Laksana Universitas PGRI Palembang
  • Suci Wulandari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5031

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah antara lain karena kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran SBdP dengan teknik menempel, peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam kegiatan belajar, kurangnya perhatian peserta didik pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik menempel dalam membuat sebuah karya serta kurangnya kreativitas peserta didik dalam menciptakan sebuah karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran seni rupa membuat karya kolase menggunakan kertas origami melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis desain one group design (pretest-posttest design). Berdasarkan hasil pelaksanaan pretest pada penelitian ini diperoleh bahwa kelompok kelas yang diberi treatment dengan tidak menggunakan kertas origami tergolong rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh 52,85, sedangkan hasil pelaksanaan posttest pada kelompok kelas yang diberi treatment dengan menggunakan kertas origami diperoleh hasil yang signifikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,92. Hasil t-test menunjukkan bahwa nilai t-stats 12,34 dan t-critical two tail 2,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kertas origami melalui metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran SBdP membuat karya kolase.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Laksana, . R. B. ., & Wulandari, S. . (2022). Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2141–2145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5031