Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5031Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai masalah antara lain karena kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran SBdP dengan teknik menempel, peserta didik tidak bersungguh-sungguh dalam kegiatan belajar, kurangnya perhatian peserta didik pada saat guru menjelaskan materi pembelajaran dengan teknik menempel dalam membuat sebuah karya serta kurangnya kreativitas peserta didik dalam menciptakan sebuah karya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran seni rupa membuat karya kolase menggunakan kertas origami melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis desain one group design (pretest-posttest design). Berdasarkan hasil pelaksanaan pretest pada penelitian ini diperoleh bahwa kelompok kelas yang diberi treatment dengan tidak menggunakan kertas origami tergolong rendah dengan nilai rata-rata yang diperoleh 52,85, sedangkan hasil pelaksanaan posttest pada kelompok kelas yang diberi treatment dengan menggunakan kertas origami diperoleh hasil yang signifikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh 75,92. Hasil t-test menunjukkan bahwa nilai t-stats 12,34 dan t-critical two tail 2,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kertas origami melalui metode demonstrasi efektif digunakan pada pembelajaran SBdP membuat karya kolase.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Laksana, . R. B. ., & Wulandari, S. . (2022). Efektifitas Pembelajaran Seni Rupa Membuat Karya Kolase Menggunakan Kertas Origami Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 06 Payaraman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2141–2145. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5031
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Robert Budi Laksana, M. Ferdiansyah, Suci Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).