Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Usia Remaja Di SMPN 6 Jelimpo Kal-Bar Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5025Abstract
Melalui smartphone, konten internet mencakup menelepon, mengirim surat elektronik, menonton dan berbagi konten foto atau video, bermain games, memutar musik, menentukan tempat pertemuan, menjelajahi internet, pencaran suara, mengecek cuaca, dan melakukan pesan singkat dalam chatroom media sosial. Daya tarik smartphone karenanya kini semakin meningkat sampai ke kalangan remaja yang rentan terpengaruh yang mendata berdasarkan survei di Singapura bahwa remaja adalah populasi yang paling banyak terdeteksi menggunakan media sosial di smartphone secara berlebihan, atau bahkan sampai berujung pada adiksi.Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan smartphone terhadap perkembangan personal sosial usia remaja di SMPN 6 Jelimpo Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu kuisioner atau angket. Penelitian ini terdiri dari dua variabel. Pertama, penggunaan smartphone sebagai variabel bebasnya dan personal sosial usia remaja sebagai variabel terikatnya. Dari hasil analisa bivariat menggunakan Chi Square penggunaan smartphone terhadap personal sosial usia remaja di SMPN 6 Jelimpo didapat nilai p value = 0,001 (< 0,05) atau Ho ditolak. Hasil Penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna (significant) antara penggunaan smartphone dengan perkembangan personal sosial usia remaja di SMPN 6 Jelimpo KAL-BAR.Downloads
Published
2022-06-28
How to Cite
Sumpa, S. G. ., & Barkah, A. . (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Perkembangan Personal Sosial Usia Remaja Di SMPN 6 Jelimpo Kal-Bar Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2074–2079. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5025
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sertika Geraria Sumpa, Asep Barkah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).