Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD

Authors

  • Rora Rizki Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Zulva Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Noni Indah Rini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sakinah Aprianni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Anisyah Rahmadani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah sangat diperlukan, karena dirasa mampu membuat sarana untuk siswa bakal mendalami diri sendiri dan alam sekitar. Pembelajaran IPA di sekolah pun mengutamakan mengikuti pembagian pengetahuan yang tepat untuk meluaskan kemampuan, supaya siswa dapat memeriksa dan mempelajari alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran IPA ditujukan “mencari tahu” dan “berbuat”. Maka dari itu, mampu menolong siswa dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terhadap alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Mahasiswa PGMI 2 Semester VI  di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dalam menerapkan keterampilan proses terhadap pembelajaran IPA di MI/SD. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif analitis. Subjek yang digunakan oleh penelitian ini yaitu mahasiswa kelas PGMI 2 Semester VI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi terhadap kegiatan eksperimen pembelajaran perubahan wujud benda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di MI/SD dapat menambah pengetahuan serta keterampilan Mahasiswa PGMI 2 Semester VI di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Wandini, . R. R. ., Sari, P. Z. ., Rini, N. I. ., Aprianni, S. ., & Rahmadani, A. . (2022). Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2021–2027. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009