Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009Abstract
Pembelajaran IPA di sekolah sangat diperlukan, karena dirasa mampu membuat sarana untuk siswa bakal mendalami diri sendiri dan alam sekitar. Pembelajaran IPA di sekolah pun mengutamakan mengikuti pembagian pengetahuan yang tepat untuk meluaskan kemampuan, supaya siswa dapat memeriksa dan mempelajari alam sekitar secara ilmiah. Pembelajaran IPA ditujukan “mencari tahu” dan “berbuat”. Maka dari itu, mampu menolong siswa dalam mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam terhadap alam sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Mahasiswa PGMI 2 Semester VI di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dalam menerapkan keterampilan proses terhadap pembelajaran IPA di MI/SD. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif analitis. Subjek yang digunakan oleh penelitian ini yaitu mahasiswa kelas PGMI 2 Semester VI. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi terhadap kegiatan eksperimen pembelajaran perubahan wujud benda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di MI/SD dapat menambah pengetahuan serta keterampilan Mahasiswa PGMI 2 Semester VI di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Wandini, . R. R. ., Sari, P. Z. ., Rini, N. I. ., Aprianni, S. ., & Rahmadani, A. . (2022). Menerapkan Proses Keterampilan dalam Pembelajaran IPA di MI/SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2021–2027. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5009
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rora Rizki Wandini, Putri Zulva Sari, Noni Indah Rini, Sakinah Aprianni, Anisyah Rahmadani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).