Strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif (UEP) dalam bentuk KUBE (Studi Pada Kelompok Usaha Desa Babussalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue)

Authors

  • Elma Febria Universitas Teuku Umar
  • Said Fadhlain Universitas Teuku Umar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4988

Abstract

Kelompok Usaha Bersama (KUBE) meruapakan suatu kegaiatan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang dibentuk pada Desa Babussalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue. Kegiatan usaha ini meliputi 18 (Delapan belas) orang yang tergabung dalam satu kelompok. Kelompok ini melakukan kegiatan usaha yang berupa kue basah dan kue kering yang kemudian dipasrakan pada social media, warung kopi, kios kelontong dan swalayan atau supermarket. Terdapat banyak nya tempat pendistribusian membuat usaha ini menjadi semakin maju, sehingga membuat sistem ekonomi keluarga menjadi semakin baik. Dalam melakukan kegiatan para anggota kelompok biasanya membuat sistem komunikasi atau pertemuan setiap minggunya untuk membahas segala urusan atau kendala yang terdapat pada usaha mereka guna meningkatkan kualitas dan bentuk peningkatan penghasilan sehingga setiap pemasukan yang dapat di perkirakan dapat di perhitungkan dengan baik oleh setiap anggota kelompok. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti berupa studi pustaka yang bersumber pada jurnal dan pelaku usaha atau informan untuk mendapatkan sumber data yang lebih akurat. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif (UEP) dalam bentuk KUBE di Desa Babussalam Kecamatan Telauk Dalam Kabupaten Simeulue. Penelitian ini mempunya tujuan untuk melihat system komunikasi serta perkembangan dalam bentuk usaha berkelompok, melihat perubahan ekonomi setelah melakukan system kelompok usaha produktif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya pendaping yang kompetetif untuk mendorong suskesnya usaha yang bersifat kelompok, dukungan sumber daya alam memantapkan diri setiap anggota untuk bersemangan dalam melaksanakan tugas nya masing-masing, hal itu inilah yang membuat sistem usaha kelompok produktif (UEP) bertahan hingga sekarang.

Downloads

Published

2022-06-27

How to Cite

Febria, E. ., & Fadhlain, S. . (2022). Strategi komunikasi dalam pemberdayaan masyarakat melalui usaha ekonomi produktif (UEP) dalam bentuk KUBE (Studi Pada Kelompok Usaha Desa Babussalam Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Simeulue). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1899–1907. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4988