Tinjauan Penyempurnaan Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 dan 184 Tahun 2019

Authors

  • Adelia Dwi Karenina UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Baiq Kurnia Buana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4973

Abstract

Kurikulum memiliki kedudukan yang sangat penting dalam sebuah proses pendidikan, begitupun dengan pembelajaran bahasa Arab, kurikulum adalah hal yang sangat penting untuk acuan kegiatan belajar mengajar bahasa Arab dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Dengan adanya Keputusan Menteri Agama (KMA) yang terbaru mengenai kurikulum Pendidikan Agama Islam dan pendidikan bahasa Arab akhir-akhir ini menjadi tantangan bagi guru-guru. Belum lagi adanya pandemi yang menjadikan para warga sekolah harus terbiasa dengan lingkungan dan sistem pembelajaran yang berbeda. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu peneleitian kepustakaan (Library Research). Metode pengumpulan data tersebut diambil dari berbagai sumber yaitu dari buku, jurnal, dan sumber lain yang membahas tentang penyempurnaan kurikulum bahasa Arab berdasarkan keputusan menteri Agama 183 dan 184 tahun 2019. Pada kurikulum pendidikan bahasa Arab berdasarkan keputusan menteri Agama 183 dan 184 tahun 2019 untuk menciptakan peserta didik yang memiliki pola fikir keagamaan yang moderat, inklusif, religius, berbudaya, kreatif, inovatif, produktif, kolaboratif, berakhlak mulia, serta mampu mencari solusi dalam suatu persoalan maupun masalah tertentu.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Karenina, . A. D. ., & Buana, B. K. . (2022). Tinjauan Penyempurnaan Kurikulum Bahasa Arab Berdasarkan KMA 183 dan 184 Tahun 2019. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1865–1876. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4973