Analisis Peran Guru terhadap Perilaku Pelanggaran Disiplin di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4972Abstract
Kenakalan siswa merupakan suatu bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di tengah masyarakat. Kenakalan yang terjadi di Gugus Mawar IV Kecamatan Ulu Belu antara lain; merokok, trek motor, bulliying dan pacaran sehingga berdampak pada kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa terhadap perilaku pelanggaran disiplin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peran yang dilakukan guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah upaya preventif, upaya kuratif dan upaya pembinaan. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa terhadap perilaku pelanggaran disiplin.Downloads
Published
2022-06-26
How to Cite
Prasetiawati, . R. T. ., & Budiarti, Y. . (2022). Analisis Peran Guru terhadap Perilaku Pelanggaran Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1860–1864. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4972
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Reni Tantri Prasetiawati, Yesi Budiarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).