Analisis Peran Guru terhadap Perilaku Pelanggaran Disiplin di Sekolah Dasar

Authors

  • Reni Tantri Prasetiawati Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Yesi Budiarti Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4972

Abstract

Kenakalan siswa merupakan suatu bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku di tengah masyarakat. Kenakalan yang terjadi di Gugus Mawar IV Kecamatan Ulu Belu antara lain; merokok, trek motor, bulliying dan pacaran sehingga berdampak pada kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa terhadap perilaku pelanggaran disiplin. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, metode survei. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa peran yang dilakukan guru dalam mengatasi kenakalan siswa adalah upaya preventif, upaya kuratif dan upaya pembinaan. Kesimpulan yang dapat ditarik pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa terhadap perilaku pelanggaran disiplin.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Prasetiawati, . R. T. ., & Budiarti, Y. . (2022). Analisis Peran Guru terhadap Perilaku Pelanggaran Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1860–1864. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4972