Increasing Teachers’ Competence Through Human Resources Management In Implementing Online Learning
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4929Abstract
Masa pandemi yang masih berlangsung menuntut guru untuk dapat melaksanakan pembelajaran secara online. Pembelajaran online adalah pembelajaran tanpa kegiatan tatap muka, yang dilakukan dengan menggunakan berbagai platform yang tersedia di internet. Kemampuan guru dalam memanfaatkan media teknologi yang ada sangat mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran online. Sekolah memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dengan baik untuk memastikan semua guru dapat melaksanakan pembelajaran secara online dengan menggunakan berbagai platform yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam terkait manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran online. Metode penelitian kepustakaan digunakan dengan menggali informasi dari berbagai literatur terkait penerapan manajemen SDM di lembaga pendidikan dan upaya peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran online dapat dilakukan melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan pembelajaran online, pembentukan tim khusus yang fokus mendampingi guru dalam melaksanakan pembelajaran online, dan kegiatan supervisi berkelanjutan.Downloads
Published
2022-06-25
How to Cite
Muhaimin, . A. ., Verry, V., & Sabarudin, R. . (2022). Increasing Teachers’ Competence Through Human Resources Management In Implementing Online Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1624–1633. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4929
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abdul Muhaimin, Verry, Rasfiudin Sabarudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).