Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Powerpoint pada Materi Garis dan Sudut

Authors

  • Farah Farafidah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nanang Khuzaini Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4921

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan dan informasi sehingga terjadi sebuah komunikasi dalam proses pembelajaran. Pemilihan media yang tepat akan lebih menarik minat siswa untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu dengan powerpoint yang dikombinasikan dengan memanfaatkan perangkat smarthphone berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran matematika berbantuan powerpoint sebagai media yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mendeskripsikan suatu gambaran tentang respon siswa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran matematika berbantuan powerpoint. Teknik pengumpulan data menggunakan angket respon siswa yang terdiri dari 15 butir pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa pada uji coba skala kecil berada pada kategori “baik” dengan skor total 576 dan respon siswa pada uji coba skala besar berada pada kategori “baik” dengan skor total 1848. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan powerpoint memperoleh respon positif dari siswa dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Farafidah, F. ., & Khuzaini, N. . (2022). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Powerpoint pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1591–1596. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4921