Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri

Authors

  • Vidigdo Trianto Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Endang Sri Mujiwati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Bagus Amirul Mukmin Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4909

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran materi sumber energi yang diajarkan pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 masih menggunakan pengajaran yang konvensional yaitu menggunakan papan tulis dan ceramah. Hasilnya, siswa tidak dapat memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternative. Hal ini dibuktikan dari 24 siswa yang ada di kelas IV SDN Mojoroto 4 hanya 40 % yang mencapai standar kompetensi minimal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukannya penelitian dan pengembangan media poster guna untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengambangkan media poster, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media poster. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Instrument yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas  IV SDN Mojoroto 4. Hasil dari penelitian dan pengembangan media poster adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai konstruksi media booklet sebesar 81%, validitas materi 100%, dan validitas soal evaluasi 88%; 2) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 91%; 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes soal siswa sebesar 78%. Berdasarkan presentase tersebut, media poster dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Trianto, V. ., Mujiwati, E. S. ., & Mukmin, B. A. . (2022). Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1559–1564. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4909