Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4909Abstract
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran materi sumber energi yang diajarkan pada siswa kelas IV SDN Mojoroto 4 masih menggunakan pengajaran yang konvensional yaitu menggunakan papan tulis dan ceramah. Hasilnya, siswa tidak dapat memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternative. Hal ini dibuktikan dari 24 siswa yang ada di kelas IV SDN Mojoroto 4 hanya 40 % yang mencapai standar kompetensi minimal. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dilakukannya penelitian dan pengembangan media poster guna untuk meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengambangkan media poster, mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media poster. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Instrument yang digunakan berupa angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Mojoroto 4. Hasil dari penelitian dan pengembangan media poster adalah sebagai berikut: 1) dinyatakan valid dengan memenuhi kriteria persentase nilai konstruksi media booklet sebesar 81%, validitas materi 100%, dan validitas soal evaluasi 88%; 2) dinyatakan praktis dengan memenuhi kriteria persentase sebesar 91%; 3) dinyatakan efektif dengan memenuhi persentase ketuntasan belajar klasikal tes soal siswa sebesar 78%. Berdasarkan presentase tersebut, media poster dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan pada materi sifat-sifat bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Trianto, V. ., Mujiwati, E. S. ., & Mukmin, B. A. . (2022). Pengembangan Media Poster untuk Materi Sumber dan Bentuk Energi Siswa Kelas IV SDN Mojoroto 4 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1559–1564. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4909
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Vidigdo Trianto, Endang Sri Mujiwati, Bagus Amirul Mukmin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).