Faktor-Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II di SD Negeri 91 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4906Abstract
Membaca permulaan merupakan tahap awal yang harus dipelajari atau dikuasi pembaca dalam belajar membaca. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 5 orang siswa dan satu guru kelas II. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas II di SD Negeri 91 Palembang ini adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor dari diri siswa sendiri dimana lemahnya daya tangkap dan daya ingat siswa. Faktor internal yaitu faktor dari lingkungan keluarga dan sekolah. Faktor lingkungan keluarga yaitu kurangnya peran orang tua siswa, kurangnya bimbingan serta arahan orang tua di rumah. Selanjutnya faktor lingkungan sekolah yaitu sarana dan prasarana seperti perpustakaan yang sudah ada tetapi tidak digunakan secara rutin untuk kegiatan membaca di sekolah dan belum adanya pojok baca pada kelas II.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Nuraini, S. ., & Tanzimah, T. (2022). Faktor-Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II di SD Negeri 91 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1540–1545. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4906
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sri Nuraini, Tanzimah, Treny Hera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).