Impementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Ibtidaiyah Swasta Aisyiyah Wil. SUMUT

Authors

  • Ansari Fahmi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Khadijah Pasaribu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nindi Aulia Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tengku Lailan Khairuni Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Tulus Abdul Wahid Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Yuli Amelia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4903

Abstract

Supervisi di sekolah dilaksanakan oleh kepala sekolah yang bertindak sebagai supervisor, maka ia harus mampu melakukan berbagai pengawasan dan pengendalian untuk meningkatkan kinerja guru. Pengawasan dan pengendalian merupakan tindakan preventiv untuk mencegah agar guru tidak melakukan penyimpangan dan lebih berhatihati dalam melaksanakan pekerjaannya sebagai pendidik. Oleh karena itu, penelitian ini mengungkap kegiatan supervisi yang dilakukan oleh Kepala sekolah Ibtidaiyah Swasta Aisyiyah Wil. Sumut terhadap kinerja guru. Adapun hasil dari penelitian ini adalah:1). Fokus kegiatan supervisi yang dilakukan kepala sekolah dapat diidentifikasikan ke dalam dua hal yaitu; kegiatan supervisi yang menyangkut administrasi guru dan kegiatan proses belajar mengajar, 2). Kegiatan supervisi sangat membantu bagi guru dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan yang dihadapi guru pada saat melakukan pembelajaran, serta dapat memberikan motivasi bagi guru agar selalu meningkatkan pengetahuan untuk menjadi guru yang professional dalam melaksanakan pembelajaran, 3). Hambatan kepala sekolah dalam supervisi adalah tumpang tindih kegiatan dan keterbatasan dana operasional.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Fahmi, A. ., Pasaribu, K. ., Putri, N. A. ., Khairuni, T. L. ., Wahid, T. A. ., & Amelia, Y. . (2022). Impementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di Ibtidaiyah Swasta Aisyiyah Wil. SUMUT. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1535–1539. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4903