Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI

Authors

  • Sedya Santosa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zaenuri Zaenuri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4898

Abstract

Pendidikan kewarganegaraan atau yang sering disebut dengan PKn adalah mata pelajaran yang diajarkan sejak MI/SD. Proses pembelajaran PKn ini bertujuan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan berbagai potensi yang ada dalam dirinya sehingga mampu meningkatkan kecerdasan keterampilan, kecakapan dan kesadaran mengenai hak-hak dan kewajiban mereka sebagai seorang warga negara Indonesia mampu memahami dan mengahargai hak-hak asasi manusia. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan atau literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dalam pembahasan ini yaitu Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian. Kecakapan kewarganegaraan merupakan kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan kewarganegaraan. Selain itu, siswa mampu memiliki jiwa pancasilais, menjadi warga negara yang baik, tanggung jawab yang cukup tinggi dalam segala hal, pandai bergaul, dan mampu membedakan perbuatan yang menyimpang sehingga bisa merusak lingkungan.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Santosa, S., & Zaenuri, . Z. (2022). Analisis Materi Pendidikan dan Kewarganegaraan (PKn) Di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1495–1504. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4898