Managemen Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Example Non Examples dan Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4891Abstract
Penelitian ini penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Metode Example non examples dan Metode Think Pair Share. Kedua metode ini dipandang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan berbicara karena berpola pada active learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kota Jambi sebagai objek penelitian adalah peserta didik kelas 8.7 yang berjumlah 32 peserta didik dan satu guru mdel serta tiga observer. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus atau lebih, tergantung kepada hasil yang dicapai. Dalam satu siklus terdiri dari tiga tindakan. Diharapkan dua metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan harapan yaitu dapat meningkatkan Speaking Skill peserta didik. Hasil penelitian ini adalah Managemen pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode Example non examples dan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar sebagian besar peserta didik dan terbukti dapat meningkatkan antusisme belajar yaitu pada siklus I 84,82% dan pada siklus II 91,96% serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan berbicara bahasa Inggris, dengan rata-rata nilai pada siklus I adalah 72,21 dengan persentase ketuntasan 64,29% dan pada siklus II adalah 75,5 dengan persentase ketuntasan 73,81%.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Salim, R. . (2022). Managemen Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Example Non Examples dan Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1458–1471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4891
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rabi'ah Salim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).