Managemen Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Example Non Examples dan Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris

Authors

  • Rabi’ah Salim MTsN 2 Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4891

Abstract

Penelitian ini penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan Metode Example non examples dan Metode Think Pair Share. Kedua metode ini dipandang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan berbicara karena berpola pada active learning. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Kota Jambi sebagai objek penelitian adalah peserta didik kelas 8.7 yang berjumlah 32 peserta didik dan satu guru mdel serta tiga observer. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan terdiri dari dua siklus atau lebih, tergantung kepada hasil yang dicapai. Dalam satu siklus terdiri dari tiga tindakan. Diharapkan dua metode pembelajaran yang digunakan  dalam penelitian ini sesuai dengan harapan yaitu dapat meningkatkan Speaking Skill peserta didik. Hasil penelitian ini adalah Managemen pembelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode Example non examples dan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar sebagian besar peserta didik dan terbukti dapat meningkatkan antusisme belajar yaitu pada siklus I 84,82% dan pada siklus II 91,96% serta meningkatkan hasil belajar peserta didik pada aspek keterampilan berbicara bahasa Inggris, dengan rata-rata nilai pada siklus I adalah 72,21 dengan persentase ketuntasan 64,29% dan pada siklus II adalah 75,5 dengan persentase ketuntasan 73,81%.

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Salim, R. . (2022). Managemen Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Example Non Examples dan Think Pair Share untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1458–1471. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4891