Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru

Authors

  • Sunani Ariyanti Universitas Riau
  • Zulfan Saam Universitas Riau
  • Elni Yakub Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4843

Abstract

Kepercayaan diri ialah suatu keyakinan, keunggulan dan kemampuan individu untuk mencapai   tujuan yang diharapkan. Kurangnya percaya diri yang terjadi pada individu akan menjadikan individu tersebut menjadi tidak mempercayai kemampuannya sendiri dan  lebih menutup diri dari orang lain. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tentang efektivitas teknik play therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Pekanbaru sebelum dan sesudah diberikan tindakan. Jenis penelitian ini pre-eskperimental design. Penelitian ini menggunakan rancangan dengan  bentuk one group pretest-posttest design. Subjek penelitian sebanyak tujuh orang siswa kelas delapan yang memiliki kepercayaan diri rendah berdasarkan skala pengukuran skala kepercayaan diri. Pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis statistic parametik dengan paired sample t-test dengan bantuan SPSS Versi 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 <  (0,05)  Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa  di tolak dan  diterima. Artinya adanya peningkatan rata-rata kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah diberikan tindakan, dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima yaitu konseling kelompok melalui teknik play therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Ariyanti, S., Saam, Z. ., & Yakub, E. . (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Melalui Teknik Play Therapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1345–1350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4843