Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana STIE Mahardhika Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4840Abstract
Berkembangnya era globalisasi yang ditandai dengan teknologi dan informasi yang sangat cepat menuntut sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengikuti segala perkembangan zaman yang serba cepat, tidak terkecuali dunia pendidikan, ujung tombak arah pendidikan yang diukur dari hasil proses pembelajaran menuntut sumber daya manusia, dalam hal ini dosen memiliki kemampuan yang unggul dan professional dalam bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dosen dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Pasca Sarjana STIE Mahardhika Surabaya dengan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan sampel sebanyak 76 responden dengan kuesioner melalui Google Form dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil : (1) kompetensi dosen (sig. 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi yang diperoleh < tingkat sig. ? = 0,05. (2) motivasi (sig. 0,000) positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi yang diperoleh < tingkat sig. ? = 0,05. (3) kompetensi dosen dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Maknanya, bahwa prestasi belajar yang tinggi dipengaruhi secara positif oleh variabel kompetensi dosen dan motivasi belajar mahasiswa sehingga tujuan perguruan tinggi dapat dicapai.Downloads
Published
2022-06-21
How to Cite
Muslifiansyah, F., Pompong Budi Setiadi, & Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana STIE Mahardhika Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1366–1371. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4840
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ferdy Muslifiansyah, Pompong Budi Setiadi; Sri Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).