Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana STIE Mahardhika Surabaya

Authors

  • Ferdy Muslifiansyah STIE Mahardhika Surabaya
  • Pompong Budi Setiadi STIE Mahardhika Surabaya
  • Sri Rahayu STIE Mahardhika Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4840

Abstract

Berkembangnya era globalisasi yang ditandai dengan teknologi dan informasi yang sangat cepat menuntut sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu mengikuti segala perkembangan zaman yang serba cepat, tidak terkecuali dunia pendidikan, ujung tombak arah pendidikan yang diukur dari hasil proses pembelajaran menuntut sumber daya manusia, dalam hal ini dosen memiliki kemampuan yang unggul dan professional dalam bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dosen dan motivasi terhadap prestasi belajar mahasiswa Pasca Sarjana STIE Mahardhika Surabaya dengan metode penelitian kuantitatif dan menggunakan sampel sebanyak 76 responden dengan kuesioner melalui Google Form dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda diperoleh hasil : (1) kompetensi dosen (sig. 0,000) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi yang diperoleh <  tingkat sig. ? = 0,05. (2) motivasi (sig. 0,000) positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai signifikansi yang diperoleh <  tingkat sig. ? = 0,05. (3) kompetensi dosen dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Maknanya, bahwa prestasi belajar yang tinggi dipengaruhi secara positif oleh variabel kompetensi dosen dan motivasi belajar mahasiswa sehingga tujuan perguruan tinggi dapat dicapai.

Downloads

Published

2022-06-21

How to Cite

Muslifiansyah, F., Pompong Budi Setiadi, & Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pascasarjana STIE Mahardhika Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1366–1371. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4840