Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Selumbung Kabupaten Karangasem
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4838Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dari produk media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA Kelas IV dan menguji kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA menurut hasil review para ahli, uji perorangan dan uji kelompok kecil. Subjek penelitian yaitu ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan dan uji kelompok kecil. Model penelitian pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah. Adapun teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian Rancang bangun media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA dikemas dalam bentuk aplikasi yang memuat teks, audio, gambar, video pembelajaran. Hasil uji kelayakan oleh ahli isi materi pelajaran memperoleh hasil persentase 93,75%, hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 92,5%, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh hasil persentase 90%, hasil penilaian produk dari uji perorangan memperoleh hasil presentase 90%, dan hasil penilaian dari uji kelompok kecil memperoleh presentase 96,66% dengan keseluruhan berkualifikasi sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis problem based learning pada Mata Pelajaran IPA layak digunakan pada proses pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-21
How to Cite
I Putu Adi Wiratama, & Abadi, I. B. G. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 2 Selumbung Kabupaten Karangasem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1358–1365. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4838
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 I Putu Adi Wiratama, Ida Bagus Gede Surya Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).