Penyuluhan Outdoor Education Untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru SMP PGRI 3 Pesanggaran
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4831Abstract
Misi Politeknik Negeri Banyuwangi adalah meningkatkan akses, relevansi, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan inovasi untuk sumber daya manusia yang berkualitas. Upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam bidang pendidikan cara yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan. Salah satu cara dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan yaitu perbaikan pengelolaan pembelajaran. Pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sangat membantu keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Salah satu penyelenggaraan pembelajaran yang menarik bagi siswa yaitu outdoor education. Kondisi out door education yang memprihatikan ditemukan di sekolah-sekolah di wilayah Banyuwangi, salah satunya di SMP PGRI 3 Pesanggaran. Bersamaan dengan penataan infrastruktur halaman sekolah, pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini juga dilakukan penyuluhan pentingnya outdoor education khususnya mata pelajaran yang dianggap sulit seperti Bahasa Inggris dan Matematika. Penyuluhan outdoor education yang dilakukan meliputi hakikat, tujuan, dan nilai karakter dalam outdoor education. Untuk materi outdoor education yaitu penataan smart tree. Dimana pohon tersebut nantinya digantungkan nama-nama benda dan cita-cita dalam bahasa inggris. Selain itu juga dibangun tiga tempat belajar berpayung dimana digunakan siswa untuk berdiskusi soal-soal matematika di luar kelas. Untuk keberlanjutan kegiatan PKM setiap tahun akan diadakan pembangunan outdoor education untuk materi yang berbeda agar memberikan hasil yang maksimal. Kata Kunci: Penyuluhan, Outdoor Education, SMP PGRI 3 PesanggaranDownloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Rahayu, . N. S. ., Yuniwati, I. ., & Trianasari, E. . (2022). Penyuluhan Outdoor Education Untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Guru SMP PGRI 3 Pesanggaran . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1586–1560. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4831
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ninik Sri Rahayu, Ika Yuniwati, Ely Trianasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).