Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren

Authors

  • Nurfadilah Nurfadilah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Abd. Aziz Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo
  • Muhammad Hifdzil Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4792

Abstract

Menghafal al-qur’an merupakan kegiatan yang memiliki bermacam-macam manfaat dan keutamaan, dan perlu menjadi perhatian besar adalah menghafal al-Qur’an membtuhkan metode yang tepat agar al-Qur’an bisa diafalkan dengan baik, cepat dan mudah. Karena dengan memilih dan menggunakan metode menghafal yang baik dan tepat akan memudahkan para pengahafal hingga mencapai hasil akhir yaitu 30 juz. Proses pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode one day one ayat mampu memberikan kemudahan kepada para penghafal al-Qur’an di pondok pesantren Karomatul Hasan Krejengan Probolinggo. Pada hakikatnya menghafal AL-Qur’an adalah suatu upaya untuk menambah kedekatan dengan al-Qur’an karena antara tilawah dengan menghafal adalah dua hal yang berbeda. Dengan menghafal, jiwa dan otak akan terus menyerap lantunan ayat-ayat al-Qur’an yang diulang-ulang begitu banyak oleh lisan seseorang

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Nurfadilah, N., Aziz, A., & Muhammad Hifdzil Islam. (2022). Implementasi Metode One Day One Ayat Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1271–1281. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4792