Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa SD Negeri Topa

Authors

  • Hartinawanti Hartinawanti Universitas Muslim Buton
  • Sitti Hermayanti Kaif Universitas Muslim Buton
  • Aswan Imbo Universitas Muslim Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4788

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas minat belajar melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan yang dialami yaitu siswa menjadi terampil dan berani mengajukan ide atau pendapat selama pembelajaran berlangsung, tercipta rasa senang mengikuti pelajaran, serta terjalin kerjasama siswa dengan baik di dalam kelompok.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hartinawanti, H., Kaif, S. H. ., & Imbo, A. . (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa SD Negeri Topa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1304–1310. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4788