Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa SD Negeri Topa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4788Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas minat belajar melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini yaitu jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping efektif dapat meningkatkan minat belajar siswa. Peningkatan yang dialami yaitu siswa menjadi terampil dan berani mengajukan ide atau pendapat selama pembelajaran berlangsung, tercipta rasa senang mengikuti pelajaran, serta terjalin kerjasama siswa dengan baik di dalam kelompok.Downloads
Published
2022-06-20
How to Cite
Hartinawanti, H., Kaif, S. H. ., & Imbo, A. . (2022). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa SD Negeri Topa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1304–1310. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4788
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hartinawanti Hartinawanti, Sitti Hermayanti Kaif, Aswan Imbo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).