Hubungan Antara Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4785Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (i) hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa secara parsial; dan (ii) hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa secara simultan. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri Topa yang berjumlah 283 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga ditetapkan sampel 94 siswa dari kelas V dan VI. Teknik analisis data menggunakan prasyarat analisis dan analisis hipotesis menggunakan korelasi parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan secara parsial antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Topa; terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan secara simultan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Topa.Downloads
Published
2022-06-20
How to Cite
Hartinawanti, H. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1296–1303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4785
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hartinawanti Hartinawanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).