Hubungan Antara Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar

Authors

  • Hartinawanti Hartinawanti Universitas Muslim Buton

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4785

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui (i) hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa secara parsial; dan (ii) hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa secara simultan. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data melalui angket. Populasinya adalah seluruh siswa SD Negeri Topa yang berjumlah 283 siswa tahun ajaran 2021/2022. Teknik sampling menggunakan purposive sampling sehingga ditetapkan sampel 94 siswa dari kelas V dan VI. Teknik analisis data menggunakan prasyarat analisis dan analisis hipotesis menggunakan korelasi parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan secara parsial antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Topa; terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan secara simultan antara efikasi diri dan fasilitas belajar dengan hasil belajar IPS siswa SD Negeri Topa.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Hartinawanti, H. (2022). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1296–1303. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4785