Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4781Abstract
Pentingnya penerapan karakteristik humanism dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Lembaga pendidikan telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan, dimana tujuan pendidikan sendiri adalah insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki tanggung jawab besar terhadap pendidikan agama islam yakni membimbing, mendidik dan mengasuh agar menjadikan peserta didik memiliki ilmu pengetahuan, etika dan moral. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif naratif dengan hasil penelitian ini adalah; pertama, implementasi konsep pendidikan humanism dalam pembelajaran PAI membentuk kemandirian siswa sehingga mereka tidak mudah putus asa. Kedua, tujuan pendidikan humanism merupakan motivasi siswa supaya menjadi siswa yang bertanggung jawab terhadap pembelajarannya dan menjadi siswa yang kreatif serta berwawasan luas.Downloads
Published
2022-06-19
How to Cite
Rofi’atul Islam, Ni’mah, M., & Fatimah, N. (2022). Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1260–1265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4781
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rofi'atul Islam, Herwati Herwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).