Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur

Authors

  • Rofi'atul Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mamluatun Ni'mah Univeristas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Nur Fatimah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4781

Abstract

Pentingnya penerapan karakteristik humanism dalam pembelajaran pendidikan agama islam di Lembaga pendidikan telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan, dimana tujuan pendidikan sendiri adalah insan kamil (manusia yang sempurna) yang memiliki tanggung jawab besar terhadap pendidikan agama islam yakni membimbing, mendidik dan mengasuh agar menjadikan peserta didik memiliki ilmu pengetahuan, etika dan moral. Data penelitian ini didapatkan dari wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif naratif dengan hasil penelitian ini adalah; pertama, implementasi konsep pendidikan humanism dalam pembelajaran PAI membentuk kemandirian siswa sehingga mereka tidak mudah putus asa. Kedua, tujuan pendidikan humanism merupakan motivasi siswa supaya menjadi siswa yang bertanggung jawab terhadap pembelajarannya dan menjadi siswa yang kreatif serta berwawasan luas.

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Rofi’atul Islam, Ni’mah, M., & Fatimah, N. (2022). Karakteristik Humanisme Dalam Pembelajaran PAI di MTs Kholafiyah Hasaniyah Gading Wetan Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1260–1265. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4781