Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4769Abstract
Media yang digunakan guru cenderung menggunakan media konvensional saja terutama dalam mengajaran materi karangan deskripsi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media monopoli pada karangan deskripsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental Designs dengan jenis (One Group Pretest Posttest Design). 1) Hasil belajar siswa diperoleh adanya peningkatan dalam posttest dan membuat karangan deskripsi sebanyak 35,3%. 2) Uji normalitas data menggunakan rumus Shapiro-Wilk yang memiliki taraf signifikansi > 0,05 menghasilkan nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 yakni pada kondisi pretest sebesar 0,146 > 0,05 dan kondisi posttest sebesar 0,156 > 0,05 yang artinya data berdistribusi normal. 3) Berdasarkan hasil uji homogenitas bahwa hasil signifikansi yang didapat 0,681 > 0,05 maka data bersifat homogen. Uji-t berdasarkan hasil analisis data, maka hasil penelitian tentang pengaruh media monopoli pada karangan deskripsi di kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang, dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh penggunaan media monopoli pada karangan deskripsi siswa. Hal itu bisa dilihat dari hasil signifikansi yang didapatkan yaitu 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung yaitu sebesar -15,205 < nilai ttabel 0,482 maka H1 diterima.Downloads
Published
2022-06-18
How to Cite
Nurhasanudin, M. R., & Syah, E. F. . (2022). Pengaruh Media Monopoli Pada Karangan Deskripsi Di Kelas V SDN Cikupa 4 Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1230–1239. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4769
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Rifki Nurhasanudin, Ezik Firman Syah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).