Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kualitas Tidur Dengan Kualitas Hidup Siswa Sekolah (Studi pada Siswa SMP dan SMA Di Kota Tomohon)

Authors

  • Frans S. M. Mintardjo Universitas Sam Ratulangi
  • Eva M. Mantjoro Universitas Sam Ratulangi
  • Fatimawali Fatimawali Universitas Sam Ratulangi
  • Aaltje E. Manampiring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4715

Abstract

Kualitas hidup kesehatan merupakan salah satu kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi intervensi pelayanan kesehatan dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan antara aktifitas fisik dan kualitas tidur dengan kualitas hidup kesehatan remaja di Kota Tomohon. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan cross-sectional yang diilakukan di SMP dan SMA Kota Tomohon pada bulan Oktober sampai November 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 436 responden. Instrumen dalam penelitian ini ialah kuesioner World Health Organization-Quality of Life questionnaire (WHO-QOL), Global School-based Student Health Survey (GSHS), dan Pittsburg Sleep Quality Index (PSQI). Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa aktifitas fisik berupa hari aktif per minggu memiliki korelasi positif yang amat signifikan (p<0.01) dengan keempat domain kualitas hidup kesehatan remaja, yang berarti semakin tinggi aktifitas fisik, semakin tinggi pula kualitas hidup kesehatan pada remaja di Tomohon. Selanjutnya, gangguan tidur memiliki korelasi negatif yang amat signifikan (p<0.01) dengan keempat domain kualitas hidup kesehatan remaja, yang berarti semakin tinggi kualitas tidur, semakin tinggi pula kualitas hidup kesehatan. Terdapat hubungan antara aktifitas fisik dan kualitas tidur dengan kualitas hidup kesehatan remaja di Kota Tomohon.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Mintardjo, F. S. M. ., Mantjoro, E. M. ., Fatimawali, F., & Manampiring, A. E. . (2022). Hubungan Aktivitas Fisik Dan Kualitas Tidur Dengan Kualitas Hidup Siswa Sekolah (Studi pada Siswa SMP dan SMA Di Kota Tomohon). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1117–1121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4715