Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4655Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom, Gunungguruh Kab. Sukabumi. Penelitian kuantitatif ini memakai pendekatan expose facto, dengan populasi seluruh siswa MTs Hikmatunnidzom angkatan 2020 yang berjumlah 111 siswa dengan sampel 39 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah angket/kuesioner ditambah wawancara dan observasi untuk melengkapi pembahasan penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara penggunaan metode Sosiodrama pada mata pelajaran SKI terhadap peningkatan peserta didik MTs Hikmatunnidzom, Gunungguruh, Sukabumi. Pernyataan ini diperkuat dengan hitungan kuantitatif Chi Kuadrat hitung (x2hitung = 15,031) lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel (x2tabel = 9,4878), pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh yang sangat erat antara efektivitas penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga secara otomatis hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sedangkan untuk mengetahui keterkaitan antara variable bebas dengan variable terikat, maka dihitung dengan menggunakan Koefisien Kontigensi (C). Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh harga Chitung = 0,527, kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks, maka dapat dikatakan ada keterkaitan antar varibel X dan variable Y yang tergolong cukup erat.Downloads
Published
2022-06-12
How to Cite
Arrobi, J. ., & Purnama, H. . (2022). Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 992–999. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4655
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Jimatul Arrobi, Hikmat Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).