Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi

Authors

  • Jimatul Arrobi STAI Sukabumi
  • Hikmat Purnama STAI Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode Sosiodrama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom, Gunungguruh Kab. Sukabumi. Penelitian kuantitatif ini memakai pendekatan expose facto, dengan populasi seluruh siswa MTs Hikmatunnidzom angkatan 2020 yang berjumlah 111 siswa dengan sampel 39 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah angket/kuesioner ditambah wawancara dan observasi untuk melengkapi pembahasan penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara penggunaan metode Sosiodrama pada mata pelajaran SKI terhadap peningkatan peserta didik MTs Hikmatunnidzom, Gunungguruh, Sukabumi. Pernyataan ini diperkuat dengan hitungan kuantitatif Chi Kuadrat hitung (x2hitung = 15,031) lebih besar dari pada Chi Kuadrat tabel (x2tabel = 9,4878), pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, hipotesis (Ha) yang penulis ajukan diterima, yang berarti ada pengaruh yang sangat erat antara efektivitas penggunaan metode sosiodrama terhadap hasil belajar peserta didik, sehingga secara otomatis hipotesis nihil (Ho) ditolak. Sedangkan untuk mengetahui keterkaitan antara variable bebas dengan variable terikat, maka dihitung dengan menggunakan Koefisien Kontigensi (C). Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh harga Chitung = 0,527, kemudian dibandingkan dengan Cmaks = 0,816. Karena harga Chitung mendekati harga Cmaks, maka dapat dikatakan ada keterkaitan antar varibel X dan variable Y yang tergolong cukup erat.

Downloads

Published

2022-06-12

How to Cite

Arrobi, J. ., & Purnama, H. . (2022). Efektivitas Metode Sosiodrama Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Hikmatunnidzom Gunungguruh Sukabumi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 992–999. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4655