Eksperimen Model Pengaplikasian NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Pada Latihan Soal Dengan Pembelajaran Online Via Zoom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Keaktifan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4613Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) manakah diantara model pengaplikasian NIM (Nomor Induk Mahasiswa) pada latihan soal statistika dasar atau pembelajaran online via zoom yang menghasilkan prestasi yang lebih baik, (2) Manakah yang lebih baik, prestasi belajar matematika mahasiswa yang mempunyai keaktifan belajar tinggi, sedang atau rendah, (3) Manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik, di antara model pengaplikasian NIM (Nomor Induk Mahasiswa) pada latihan soal statistika dasar atau pembelajaran online via zoom pada mahasiswa yang mempunyai keaktifan belajar tinggi, sedang atau rendah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Experimental), dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa semester tiga Universitas Indraprasta PGRI Jakarta Tahun Akademik 2021/2022. Sampel terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model perkuliahan terhadap hasil belajar statistika dasar, dimana perkuliahan dengan model pengaplikasian NIM pada latihan soal memiliki hasil yang lebih unggul perkuliahan dengan perkuliahan via zoom. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan belajar mahasiswa terhadap hasil belajar statistika dasar. Mahasiswa dengan keaktifan tinggi memiliki hasil belajar yang lebih baik dibandingkan keaktifan sedang dan rendah. Sedangkan mahasiswa dengan keaktifan sedang memiliki hasil belajar yang lebih baik dari pada mahasiswa dengan keaktifan rendah. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara model perkuliahan dan kekatifan belajar dalam meningkatkan hasil belajar statistika dasar.Downloads
Published
2022-06-10
How to Cite
Iim Marfu’ah, & Julaeha, S. . (2022). Eksperimen Model Pengaplikasian NIM (Nomor Induk Mahasiswa) Pada Latihan Soal Dengan Pembelajaran Online Via Zoom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Keaktifan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 893–903. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4613
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Iim Marfu'ah, Siti Julaeha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).