Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Merabuan

Authors

  • Nurul Waizah Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin
  • Arnadi Arnadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin
  • Munadi Munadi Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4600

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian bertujuan mendeskripsikan 1) implementasi integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pada pembelajaran Bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan 2) implementasi integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan intrakurikuler pada pembelajaran Bahasa Arab. Hasil menunjukkan 1) Implementasi integrasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan, yaitu: a) ada dasarnya, yakni: Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014; b) bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sudah sesuai dengan Permendikbud RI nomor 62 tahun 2014 terdiri dari kaligrafi, kasidah, barzanji puisi Islami berbasaha Arab; c) sudah melaksanakan tahapan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler; d) Unsur-unsur program kegiatan ekstrakurikuler sudah lengkap; e) tujuan integrasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dalam Pembelajaran Bahasa Arab sudah tercapai; 2) Implementasi integrasi pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dalam pembelajaran bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan sudah berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan, yaitu: a) ada dasarnya: Permendikbud RI nomor 103 tahun 2014; b) Bentuk kegiatan intrakurikuler sudah sesuai dengan dasar, yaitu melalui pembelajaran Bahasa Arab dilaksanakan di dalam kelas; c) sudah melaksanakan metode pelaksanaan kegiatan intrakurikuler mata pelajaran Bahasa Arab; d) tujuan pelaksanaan integrasi pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dalam pembelajaran Bahasa Arab sudah tercapai

Downloads

Published

2022-06-11

How to Cite

Nurul Waizah, Arnadi, A., & Munadi, M. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Merabuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 968–976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4600