Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Merabuan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4600Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian bertujuan mendeskripsikan 1) implementasi integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler pada pembelajaran Bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan 2) implementasi integrasi pendidikan karakter dalam kegiatan intrakurikuler pada pembelajaran Bahasa Arab. Hasil menunjukkan 1) Implementasi integrasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan, yaitu: a) ada dasarnya, yakni: Permendikbud RI Nomor 62 tahun 2014; b) bentuk kegiatan ekstrakurikuler keagamaan sudah sesuai dengan Permendikbud RI nomor 62 tahun 2014 terdiri dari kaligrafi, kasidah, barzanji puisi Islami berbasaha Arab; c) sudah melaksanakan tahapan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler; d) Unsur-unsur program kegiatan ekstrakurikuler sudah lengkap; e) tujuan integrasi pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler dalam Pembelajaran Bahasa Arab sudah tercapai; 2) Implementasi integrasi pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dalam pembelajaran bahasa Arab di MIS Islamiyah Merabuan sudah berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan, yaitu: a) ada dasarnya: Permendikbud RI nomor 103 tahun 2014; b) Bentuk kegiatan intrakurikuler sudah sesuai dengan dasar, yaitu melalui pembelajaran Bahasa Arab dilaksanakan di dalam kelas; c) sudah melaksanakan metode pelaksanaan kegiatan intrakurikuler mata pelajaran Bahasa Arab; d) tujuan pelaksanaan integrasi pendidikan karakter pada kegiatan intrakurikuler dalam pembelajaran Bahasa Arab sudah tercapaiDownloads
Published
2022-06-11
How to Cite
Nurul Waizah, Arnadi, A., & Munadi, M. (2022). Integrasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Merabuan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 968–976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4600
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Waizah, Arnadi Arnadi, Munadi Munadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).