Aktivasi ‘COVID’ di dalam kelas: Penguatan Interaksi Pembelajaran Selama dan Pasca Pandemi

Authors

  • Kuzairi Kuzairi STKIP PGRI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4584

Abstract

Satu hal yang berkurang bahkan bisa jadi hilang dalam pembelajaran selama pandemi adalah interaksi. Hadirnya kebijakan pembelajaran jarak jauh membuat interaksi menjadi berubah dari yang semula bisa terlaksanan dalam satu tempat atau ruangan kelas menjadi sebuah interaksi melalui penggunaan media perantara baik itu secara synchronous maupun asynchronous. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tentang  bagaimana menguatkan interaksi pembelajaran selama dan pasca pandemi melalui aktivasi COVID (Competence, Outcome, Variety, Interaction, Delight).  Kajian kepustakaan merupakan metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan tahapan penggalian teori dan konsep tentang interaksi pembelajaran serta hasil analisis pemikiran yang berkaitan dengan situasi dan kondisi terkini dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar selama pandemi. Penguatan Interaksi pembelajaran dapat dilakukan dengan memberikan penekanan pada kompetensi yang spesifik dan jelas, memberikan luaran yang bisa terukur dan dicapai oleh siswa, penggunaan materi, media, kegiatan belajar yang bervariasi, dan memperhatikan kenyamanan dengan juga mempertimbangkan tentang biaya dan keamanan selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar. Selain itu, hasil interaksi bisa terlihat dari terbentuknya Classroom Energy dalam kelas melalui persiapan dan kepercayaan diri yang mantap, keyakinan dan pandangan yang postif terhadap kemampuan peserta didik, serta merasa nyaman dan menikmati setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Kuzairi, K. (2022). Aktivasi ‘COVID’ di dalam kelas: Penguatan Interaksi Pembelajaran Selama dan Pasca Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 874–879. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4584