Pengembangan E Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4580Abstract
Modul elektonik merrupakan salah satu sumber bahan ajar yang dapat digunakan dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran. Bahan ajar memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, bahan ajar disusun dengan menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Kurikulum 2013 yang menuntut untuk dapat mengintegrasikan kearifan lokal atau potensi yang ada di daerah, sehingga diperlukan sebuah bahan ajar yang mendukung yaitu bahan ajar berbasis kearifan lokal. Kearifan lokal memuat nilai-nilai luhur yang dapat mengembangkan pengetahuan hingga membentuk karakterk peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang dapat diintegrasikan kedalam proses pembelajaran adalah Balumbo Biduk. Kearifan lokal tersebut dapat diintegrasikan kedalam pembelajaran PPkn, IPS serta Bahasa Indonesia kelas IV Sekolah Dasar, pengembangan bahan ajar yang dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan TIK maka bahan ajar yang dikembangkan berupa modul elektronik yang layak. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis Kearifan lokal yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kevalidan modul aspek bahasa didapatkan dari validator bahasa dengan rata-rata 4,4 termasuk dalam katergori sangat valid dengan presentase 88 %. Tingkat kevalidan media dengan rata-rata 4,625 termasuk dalam kategori 92,5 % termasuk dalam kategori sangat valid. Tingkat kevalidan materi dengan rata-rata 4,4 dengan presentase 88 % termasuk dalam kategori sangat valid. Sedangkan hasil dari validasi prkatisi dengan rata- rata 4,6 dengan presentase 92% termasuk dalam kategori sangat praktis.Downloads
Published
2022-06-08
How to Cite
Dewa, M. D. Z., Rusdyanti, & Ayu Astari. (2022). Pengembangan E Modul Berbasis Kearifan Lokal Balumbo Biduk Sarolangun Menggunakan Aplikasi 3D Pageflip Professional di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 866–873. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4580
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Dewa Zulkhi Dewa, Rusdyanti, Ayu Astari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).