Analisis Kefektifan Pembelajaran Luring dengan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid- 19 pada Siswa SMP Negeri Nunufafi Kabupaten Timor Tengah Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4539Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran luring (luar jaringan) dengan menggunakan metode resitasi di masa pandemi covid-19 pada siswa SMPN Nunufafi. Jenis penelitian ini adalah mixed methods gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Nunufafi tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN Nunufafi berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan diperoleh dari nilai pretest dan posttest dan datanya diperoleh langsung dari siswa sebagai subyek berupa hasil tes belajar siswa serta kuisioner. Hasil Uji hipotesis, menunjukkan pembelajaran luring dengan metode resitasi efektif digunakan selama masa pandemik, hal ini diketahui dari analisis data menggunakan uji t bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,27 > 2,04. Sedangkan respon siswa terkait pembelajaran luring dengan metode resitasi menjelaskan bahwa tingkat keefektifan pembelajaran luring melalui metode resitasi, indikator yang rata-ratanya paling tinggi adalah pemberian tugas dan penerapan pembelajaran luring saat pandemi covid-19 dengan memperoleh hasil 100% kualifikasi efektifan 100%, sedangkan indikator yang rata-ratanya paling rendah adalah hasil pembelajaran dengan perolehan hasil 50% dengan kualifikasi keefektifan kurang baik.Downloads
Published
2022-06-06
How to Cite
Halek, E. F., & Naimnule, L. . (2022). Analisis Kefektifan Pembelajaran Luring dengan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid- 19 pada Siswa SMP Negeri Nunufafi Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 815–821. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4539
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 ERLIN FATIMA HALEK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).