Analisis Kefektifan Pembelajaran Luring dengan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid- 19 pada Siswa SMP Negeri Nunufafi Kabupaten Timor Tengah Utara

Authors

  • Erlin Fatima Halek Universitas Timor
  • Lusia Naimnule Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran luring (luar jaringan) dengan menggunakan metode resitasi di masa pandemi covid-19 pada siswa SMPN Nunufafi. Jenis penelitian ini adalah mixed methods gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN Nunufafi tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMPN Nunufafi berjumlah 18 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan diperoleh dari nilai pretest dan posttest dan datanya diperoleh langsung dari siswa sebagai subyek berupa hasil tes belajar siswa serta kuisioner. Hasil Uji hipotesis, menunjukkan pembelajaran luring dengan metode resitasi efektif digunakan selama masa pandemik, hal ini diketahui dari analisis data menggunakan uji t  bahwa t hitung > t tabel yaitu 6,27 > 2,04. Sedangkan respon siswa terkait pembelajaran luring dengan metode resitasi menjelaskan bahwa tingkat keefektifan pembelajaran luring melalui metode resitasi, indikator yang rata-ratanya paling tinggi adalah pemberian tugas dan penerapan pembelajaran luring saat pandemi covid-19 dengan memperoleh hasil 100% kualifikasi efektifan 100%, sedangkan indikator yang rata-ratanya paling rendah adalah hasil pembelajaran dengan perolehan hasil 50% dengan kualifikasi keefektifan kurang baik.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Halek, E. F., & Naimnule, L. . (2022). Analisis Kefektifan Pembelajaran Luring dengan Metode Resitasi di Masa Pandemi Covid- 19 pada Siswa SMP Negeri Nunufafi Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 815–821. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4539