Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran STEM dan PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4534Abstract
Salah satu kemampuan yang perlu ditekankan dalam pembelajaran IPA abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran STEM dan PjBL merupakan contoh model pembelajaran yang efektif digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis komparatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran STEM dan PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di jenjang SMP/MTs. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder dari dua penelitian yang telah dilakukan sebelumnya berupa data pretest dan posttest. Data-data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan software IBM SPSS 26 dengan teknik analisis Uji T sampel berpasangan (Paired Sample T-Test). Hasil thitung yang diperoleh sebesar -5,257, sedangkan ttabel dari df 27 sebesar 1,703 (-5,257 < -1,703) yang artinya H1 diterima, yakni terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran STEM dan PjBL. Adapun effect size model pembelajaran STEM lebih tinggi dibandingkan effect size model pembelajaran PjBL, yakni masing-masing sebesar 8,17 dan 5,47 yang berarti bahwa STEM lebih efektif dibandingkan PjBL.Downloads
Published
2022-06-06
How to Cite
Fadhilatunnisa, N., Sudarti, S., & Handayani, . R. D. . (2022). Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran STEM dan PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 810–814. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4534
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Fadhilatunnisa, Sudarti Sudarti, Rif’ati Dina Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).