Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran STEM dan PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Nurul Fadhilatunnisa Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Rif’ati Dina Handayani Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4534

Abstract

Salah satu kemampuan yang perlu ditekankan dalam pembelajaran IPA abad 21 adalah kemampuan berpikir kritis. Model pembelajaran STEM dan PjBL merupakan contoh model pembelajaran yang efektif digunakan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis komparatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran STEM dan PjBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di jenjang SMP/MTs. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data sekunder dari dua penelitian yang telah dilakukan sebelumnya berupa data pretest dan posttest. Data-data yang telah diperoleh akan dianalisis menggunakan software IBM SPSS 26 dengan teknik analisis Uji T sampel berpasangan (Paired Sample T-Test). Hasil thitung yang diperoleh sebesar -5,257, sedangkan ttabel dari df 27 sebesar 1,703 (-5,257 < -1,703) yang artinya H1 diterima, yakni terdapat perbedaan efektivitas antara model pembelajaran STEM dan PjBL. Adapun effect size model pembelajaran STEM lebih tinggi dibandingkan effect size model pembelajaran PjBL, yakni masing-masing sebesar 8,17 dan 5,47 yang berarti bahwa STEM lebih efektif dibandingkan PjBL.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Fadhilatunnisa, N., Sudarti, S., & Handayani, . R. D. . (2022). Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran STEM dan PjBL dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 810–814. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4534