Efektivitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hermon Timika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4518Abstract
Pembelajaran matematika merupakan suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh guru atau dosen matematika dengan mahasiswanya, yang berupaya mengembangkan dan meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa, potensi dan bakat mahasiswa agar tercipta interaksi yang optimal antara dosen dan mahasiswa, serta antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain dalam mempelajari matematika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitaif. Sementara untuk uji perbedaan rata-rata digunakan uji non-parametrik Mann-Whitney dengan hasil pengujian yaitu terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, Kemudian untuk rata-rata, varian dan rentang dari kelas eksperimen yaitu 87.57 ; 196.14 dan 40. Sedangkan rata-rata, varian dan rentang dari kelas kontrol yaitu 79.29 ; 335.513 dan 60. Dari sini terlihat bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan varian serta rentang dari kelas eksperimen lebih kecil daripada kelas kontrol, disini berarti kelas eksperimen lebih homogen daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), lebih efektif dari pada mahasiswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).Downloads
Published
2022-06-04
How to Cite
Rasul, A., Subhanudin, S., Densemina, R. S. ., Wabdaron, Y. ., & Sutirta, H. . (2022). Efektivitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hermon Timika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 778–784. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4518
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 A. Rasul, Subhanudin, Ruben Sonda Densemina, Yunita Wabdaron, Habibi Sutirta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).