Efektivitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hermon Timika

Authors

  • A Rasul STKIP Hermon Timika
  • Subhanudin Subhanudin STKIP Hermon Timika
  • Ruben Sonda Densemina STKIP Hermon Timika
  • Yunita Wabdaron STKIP Hermon Timika
  • Habibi Sutirta STKIP Hermon Timika

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4518

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan suatu proses atau kegiatan yang dilakukan oleh guru atau dosen matematika dengan mahasiswanya, yang berupaya mengembangkan dan meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa, potensi dan bakat mahasiswa agar tercipta interaksi yang optimal antara dosen dan mahasiswa, serta antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain dalam mempelajari matematika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian quasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara kuantitaif. Sementara untuk uji perbedaan rata-rata digunakan uji non-parametrik Mann-Whitney dengan hasil pengujian yaitu terdapat perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, Kemudian untuk rata-rata, varian dan rentang dari kelas eksperimen yaitu 87.57 ; 196.14 dan 40. Sedangkan rata-rata, varian dan rentang dari kelas kontrol yaitu 79.29 ; 335.513 dan 60. Dari sini terlihat bahwa rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dan varian serta rentang dari kelas eksperimen lebih kecil daripada kelas kontrol, disini berarti kelas eksperimen lebih homogen daripada kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman matematis mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), lebih efektif dari pada   mahasiswa yang pembelajarannya  tanpa  menggunakan  Lembar Kerja Mahasiswa (LKM).

Downloads

Published

2022-06-04

How to Cite

Rasul, A., Subhanudin, S., Densemina, R. S. ., Wabdaron, Y. ., & Sutirta, H. . (2022). Efektivitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Hermon Timika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 778–784. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4518