Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4493Abstract
Artikel ini mengkaji bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan juga wawancara terhadap guru PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro dilakukan secara tatap muka. Dimana sebelumnya dilakukan secara daring. Perubahan dari daring ke luring ini menjadikan terdapat perubahan juga dari kondisi siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil temuan dalam penelitian ini adalah guru PAI mendapatkan bahwa secara kemampuan teknologi, siswa menjadi lebih baik. Namun terkadang dalam proses pembelajaran, terkadang menjadi malas dan tidak disiplin terhadap waktu. Sehingga dalam pembelajaran PAI, guru PAI menanamkan empat nilai positif dalam pembelajaran yang akan berdampak pada karakter siswa. Keempat nilai tersebut adalah kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan kebijaksanaan.Downloads
Published
2022-06-08
How to Cite
Irwansyah Suwahyu, & Miftach Fakhri. (2022). Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 836–842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4493
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irwansyah Suwahyu, Miftach Fakhri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).