Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro

Authors

  • Irwansyah Suwahyu Universitas Negeri Makassar
  • Miftach Fakhri Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4493

Abstract

Artikel ini mengkaji bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui mata pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dimana pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi dan juga wawancara terhadap guru PAI di SMPN 4 Satap Bungoro. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pembelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro dilakukan secara tatap muka. Dimana sebelumnya dilakukan secara daring. Perubahan dari daring ke luring ini menjadikan terdapat perubahan juga dari kondisi siswa dalam proses pembelajaran. Sehingga hasil temuan dalam penelitian ini adalah guru PAI mendapatkan bahwa secara kemampuan teknologi, siswa menjadi lebih baik. Namun terkadang dalam proses pembelajaran, terkadang menjadi malas dan tidak disiplin terhadap waktu. Sehingga dalam pembelajaran PAI, guru PAI menanamkan empat nilai positif dalam pembelajaran yang akan berdampak pada karakter siswa. Keempat nilai tersebut adalah kejujuran, kedisiplinan, kerja keras, dan kebijaksanaan.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Irwansyah Suwahyu, & Miftach Fakhri. (2022). Penanaman Nilai Nilai Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 4 Satap Bungoro . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 836–842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4493