Validasi Media Pembelajaran SAC Berbasis PPBL Guna Meningkatkan Atensi Siswa Pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4476Abstract
Kurangnya variasi media pembelajaran inovatif bermuatan penjabaran materi secara detail berakibat pada rendahnya atensi dan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah merancang media Smart Apps Creator (SAC) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas V SD dengan materi organ gerak hewan dan manusia muatan pembelajaran IPA. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (RnD). Model penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain, 1 orang ahli media, 3 orang siswa subjek uji coba perorangan, dan 9 orang siswa subjek uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan instrumen pengumpulan data menggunakan skala linkert. Nilai hasil uji ahli isi materi sebesar 83,33% dengan kualifikasi baik. Hasil uji ahli desain sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji ahli media sebesar 97,22% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba perseorangan sebesar 95,45% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil uji coba kelompok kecil sebesar 95,70% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hal tersebut, hasil persentase berada pada kualifikasi sangat baik. Produk pengembangan media pembelajaran Smart Apps Creator (SAC) berbasis Problem Based Learning (PBL) pada muatan IPA materi organ gerak hewan dan manusia “Layak” untuk digunakan sebagai media pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-02
How to Cite
Novitariyani Febriyanthi, N. K. ., & Surya Abadi, I. B. G. . (2022). Validasi Media Pembelajaran SAC Berbasis PPBL Guna Meningkatkan Atensi Siswa Pada Materi Organ Gerak Hewan Dan Manusia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 740–751. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4476
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Komang Novitariyani Febriyanthi, Ida Bagus Gede Surya Abadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).