Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nofi Tri Susanti Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rahma Widyana Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466

Abstract

Dalam kondisi pandemi dan adanya pembelajaran melalui metode daring, dimana anak lebih banyak bersama orang tua. Rendahnya minat baca siswa menjadi permasalahan penting yang memerlukan perhatian khusus dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca terhadap minat membaca pada siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh dukungan social orang tua terhadap minat membaca pada siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa siswi SD Negeri Di Kecamatan Wonosobo dari kelas 3,  4, 5 dan 6 dengan tehnik pengambilan sample menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sample sejumlah 113 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode skala likert. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh konsep diri membaca dan dukungan sosial orang tua sebesar 54,7% sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Susanti, N. T. ., & Widyana, R. . (2022). Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 708–722. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466