Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466Abstract
Dalam kondisi pandemi dan adanya pembelajaran melalui metode daring, dimana anak lebih banyak bersama orang tua. Rendahnya minat baca siswa menjadi permasalahan penting yang memerlukan perhatian khusus dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca terhadap minat membaca pada siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh dukungan social orang tua terhadap minat membaca pada siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri membaca dan dukungan sosial orangtua secara bersama-sama dengan minat membaca pada siswa. Populasi penelitian ini yaitu siswa siswi SD Negeri Di Kecamatan Wonosobo dari kelas 3, 4, 5 dan 6 dengan tehnik pengambilan sample menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling. Sample sejumlah 113 siswa Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode skala likert. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa sumbangan efektif yang diberikan oleh konsep diri membaca dan dukungan sosial orang tua sebesar 54,7% sedangkan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.Downloads
Published
2022-06-01
How to Cite
Susanti, N. T. ., & Widyana, R. . (2022). Pengaruh Konsep Diri Membaca dan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 708–722. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4466
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nofi Tri Susanti , Rahma Widyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).