Analisis Faktor Penyebab Menurunnya Kemampuan Berempati Siswa SMAN 1 Dempet Demak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4463Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya siswa SMAN 1 Dempet Demak yang mengalami penurunan kemampuan untuk berempati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor – faktor penyebab menurunnya sikap empati siswa SMAN 1 Dempet. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Dempet sebanyak 1.262. Sedangkan pengambilan sampel penelitian ini menggunakan pengambilan sampel probability sampling dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 291 orang yang dipilih sesuai tabel penentuan jumlah sampel dari populasi dengan taraf signifikan 5%. Uji bartletts test menunjukkan nila chi square sebesar 717,828, sehingga didapatkan nilai level of significance sebesar 0,000. Nilai KMO sebesar 0,885 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Setiap variabel memiliki nilai MSA ? 0,5 yaitu variabel sosialisasi sebesar 0,853 ? 0,500, mood and feelings sebesar 0,908 ? 0,500, proses belajar dan identifikasi sebesar 0,919 ? 0,500, situasi atau tempat sebesar 0,884 ? 0,500, komunikasi dan bahasa sebesar 0,881 ? 0,500 dan pengasuhan sebesar 0,884 ? 0,500. Sehingga hanya didapatkan satu komponen yang memiliki nilai eigenvalues diatas 1,000 yaitu sebesar 3,576. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi menurunnya kemampuan empati siswa SMAN 1 Dempet Demak adalah faktor personality dan faktor hasil belajar.Downloads
Published
2022-06-01
How to Cite
Pujiastuti, . M., Kusdaryani, W. ., & Lestari, F. W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Menurunnya Kemampuan Berempati Siswa SMAN 1 Dempet Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 685–693. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4463
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mayangsari Pujiastuti, Wiwik Kusdaryani, Farikha Wahyu Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).