Implementasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Di Kelas IV SDN 121/I Muara Singoan

Authors

  • Wiga Anggraini Wiga Anggraini Universitas Jambi
  • Muhammad Sofwan Muhammad Sofwan Universitas Jambi
  • Silvina Novianti Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4452

Abstract

Kemandirian belajar pada dasarnya terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi yaitu faktor psikologis, faktor fisiologis dan faktor lingkungan. Siswa yang tidak memiliki motivasi dan minat dalam belajar tidak akan mampu belajar mandiri dan mengalami berbagai kesulitan dalam akademiknya. Sedangkan siswa yang memiliki kemandirian belajar yang tinggi akan termotivasi untuk mempelajari sesuatu dengan kemampuannya tanpa meminta bantuan orang lainPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kemandirian belajar peserta didik pada proses pembelajaran di masa pandemi di kelas IV SDN 121/I Muara Singoan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV serta siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV sudah memiliki sikap kemandirian belajar dalam pembelajaran tematik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru sudah melakukan proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu menekankan pembelajaran tematik, dan melalui pembelajaran tematik guru dapat mengembangkan kemandirian belajar siswa kelas IV SD Negeri 121/I Muara Singoan.

Author Biographies

Muhammad Sofwan Muhammad Sofwan, Universitas Jambi

Dosen PGSD Universitas Jambi

Silvina Novianti, Universitas Jambi

Dosen PGSD Universitas Jambi

Downloads

Published

2022-06-11

How to Cite

Wiga Anggraini, W. A., Muhammad Sofwan, M. S., & Silvina Novianti. (2022). Implementasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Di Masa Pandemi Di Kelas IV SDN 121/I Muara Singoan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 958–967. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4452