Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Elinda Rizkasari Universitas Slamet Riyadi
  • Ifa Hanifa Rahman Universitas Slamet Riyadi
  • Prima Trisna Aji Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4451

Abstract

Rendahnya penguasaan kompetensi inti guru sekolah dasar memberikan dampak yang serius pada hasil serta kualitas pembelajaran peserta didik. Salah satu kompetensi yang harus ditingkatkan adalah kompetensi pedagogik yang pada dasarnya adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kompetensi Pedagogik merupakan kompetensi khas, yang membedakan guru dengan profesi lainnya, menentukan tingkat keberhasilan proses dan hasil pembelajaran peserta didiknya. Guru menempati posisi penting yakni menjadi ujung tombak pendidikan, sebab guru secara langsung berupaya mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan peserta didik agar menjadi manusia yang cerdas, terampil, dan bermoral tinggi sesuai dengan perkembangan Abad 21. Dalam proses pembelajaran, penguasaan materi pelajaran dan cara menyampaikannya merupakan syarat yang sangat essensial. Oleh karena itu proses pembelajaran harus diupayakan sebaik mungkin dan perlu mendapat perhatian yang serius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik pada Guru di SDN 01 Jumapolo dan mendeskripsikan kendala yang dihadapi sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian fenomenologis. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru perlu dioptimalkan pada aspek menguasai teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik, komunikasi dengan peserta didik dan evaluasi; (2) Kendala yang dihadapi dalam pemberdayaan kompetensi pedagogik guru adalah kurangnya kemampuan guru dalam melaksanakan TIK.

Downloads

Published

2022-06-01

How to Cite

Rizkasari, E., Rahman, . I. H. ., & Aji, P. T. . (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 694–699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4451