Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4412Abstract
Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam muatan IPS sehingga siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil terdiri dari Sembilan orang siswa. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 95,5%, ahli desain pembelajaran sebesar 95%, ahli media pembelajaran sebesar 91%, uji coba perorangan sebesar 95% dan uji coba kelompok kecil sebesar 94% dengan keseluruhan berkategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual layak digunakan dalam proses pembelajaran materi keragaman budaya muatan IPS kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar.Downloads
Published
2022-05-29
How to Cite
Herlina, N. K., & Manuaba, I. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 622–629. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4412
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ni Kadek Herlina, I.B. Surya Manuaba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).