Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar

Authors

  • Ni Kadek Herlina Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.B. Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4412

Abstract

Penelitian dilatar belakangi karena kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran khususnya dalam muatan IPS sehingga siswa merasa jenuh dengan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual dan (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji rancang produk dilakukan oleh ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, uji coba perorangan yang terdiri dari tiga orang siswa dan uji coba kelompok kecil terdiri dari Sembilan orang siswa. Analisis data yang digunakan berupa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tingkat kelayakan menurut ahli isi mata pelajaran sebesar 95,5%, ahli desain pembelajaran sebesar 95%, ahli media pembelajaran sebesar 91%, uji coba perorangan sebesar 95% dan uji coba kelompok kecil sebesar 94% dengan keseluruhan berkategori sangat baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran buku digital berbasis Kontekstual layak digunakan dalam proses pembelajaran materi keragaman budaya muatan IPS kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar.

Downloads

Published

2022-05-29

How to Cite

Herlina, N. K., & Manuaba, I. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Berbasis Kontekstual Materi Keragaman Budaya Pada Muatan IPS Kelas IV SD Negeri 3 Ketewel Gianyar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 622–629. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4412